Mengendarai sepeda motor bisa menyenangkan. Dalam hal pemeliharaan, kita semua bergantung pada bengkel, tetapi setiap pemilik harus mengembangkan kepercayaan diri setiap kali mereka berkendara sehubungan dengan pengetahuan pemeliharaan dasar.

Sangat penting untuk menghindari kerusakan mekanis yang tidak terduga. Pengetahuan teknis dasar membantu menjaga sepeda tetap fit dan berjalan tanpa kerumitan. Sekarang, tidak perlu masuk sekolah pelatihan mobil. Apakah Anda berpikir untuk menguasai bengkel sendiri? Sama sekali tidak perlu! Keterampilan perawatan dasar akan membantu Anda tetap mandiri, menghemat waktu, menghemat uang, dan menyelamatkan diri dari kecelakaan.

Ganti oli mesin:

Sepeda motor Anda memiliki buku manual pemilik di mana Anda dapat mengetahui frekuensi penggantian oli mesin. Umumnya, teknisi merekomendasikan mengganti oli setelah menempuh jarak 2.500 kilometer. Terkadang, jumlah ini bervariasi sesuai dengan jenis oli yang digunakan (mineral, semi-sintetik, sintetik penuh). Jadi Anda bisa mengganti oli menggunakan kunci inggris. Tidak sesulit itu.

Periksa tekanan ban:

Anda hanya membutuhkan pengukur ban untuk memeriksa tekanan. Umumnya pabrikan merekomendasikan suhu sekitar, yaitu saat ban dalam keadaan dingin untuk memeriksa tekanan. Rekomendasi tekanan bervariasi menurut model tertentu. Detail ini dapat ditemukan di manual. Jika tekanannya rendah, pertimbangkan untuk mengisi udara. Jika Anda memiliki kompresor pribadi atau hanya pompa sepeda di rumah, lakukan sekarang.

Bersihkan filter udara:

Baik itu filter kertas, filter kapas, atau filter busa, periksa kebersihannya setiap kali Anda mengganti oli mesin. Lepaskan filter dari rumahan dan bersihkan dengan benar mengikuti manual. Jika itu kertas saring, Anda tidak bisa membersihkannya. Untuk kepuasan, embuskan udara bersih. Jika berbusa, gunakan aliran udara dan dalam kasus bola kapas, cairan pembersih dapat digunakan. Ini akan membantu mesin Anda mendapatkan banyak udara segar.

Periksa baterai:

Performa baterai bergantung pada kualitas dan perawatan. Jika baterainya sudah lebih dari 3 tahun, saatnya berhati-hati. Anda harus segera memeriksanya dan mengubahnya jika tidak mengisi daya. Jika Anda menghadapi cahaya redup, mulai masalah, dll. Periksa uji skala tegangan menggunakan multimeter.

Periksa Rantai:

Penting untuk menyimpan kabel oli dan gemuk, rantai, dan beberapa perlengkapan brengsek lainnya. Pertimbangkan titik pelumasan seperti titik geser, titik pivot, dan titik putar. Jadi lumasi setiap kali Anda menemukan tempat-tempat ini kering.

Semua hal di atas membutuhkan sedikit usaha untuk memelihara kendaraan dan menikmati perjalanan yang bebas dari rasa khawatir. Upaya pemeliharaan di showroom ini membutuhkan sedikit pengetahuan teknis otomotif. Begitu Anda mulai melakukannya, semuanya akan mudah.